Powered By Blogger

Kamis, 03 Juni 2010

Saatnya Perhatikan Makanan Kita

Saat ini perkembangan teknologi sangat pesat. Dengan perkembangan teknologi, banyak muncul penyakit-penyakit degeneratif. Saat ini kulaitas hidup manusia mengalami kemunduran, misalnya umur seseorang hanya samapi 60an, beda dengan orang orang zaman dulu yang panjang umur sampai 90an. Banyak penyakit degeneratif seperti hipertensi, kolesterol tinggi, diabetes dan penyakit jantung, di derita oleh orang-orang yang usianya masih muda. Salah Satu penyebabnya adalah makanan.

Saat ini , orang-orang lebih senang mengkonsumsi makanan cepat saji seperti fried chicken, burger, mi instan. Padahal makanan ini dimasak dengan temperatur tinggi , penyedap rasa banyak dan ada pengawetnya. jadi makanan-makanan ini kurang baik bila dikonsumsi terus-menerus. Untuk itu saatnya kita perhatikan makanan kita, mulailah hidup sehat, perhatikan buah dan serat makanan kita.

Waspadai makanan yang bersantan, kaldu kental, minyak goreng dan bumbu penyedap rasa. Sejumlah makanan yang sebaiknya diatur konsumsinya ( Menurut Kompas ) adalah gudeg, burger, mangut, kentang goreng, brongkos, makanan ringan dalam kemasan, mi instan, dan minuman bersoda.

Beberapa tips menyiasati cara makan :
1. Pisahkan kandungan makanan yang patut diwaspadai dengan isi yang dikonsumsi, misalnya makan makanan berareh atau kaldu kental, pisahkan makanan tersebut dengan arehnya atau hanya dimakan sedikit saja.
2. Pisahkan sebanyak mungkin bumbu yang bersantan atau berkaldu kental dengan isi yang akan dikonsumsi.
3. Melakukan detoksifikasi secara teratur, misalnya seminggu sekali. Detoksifikasi sederhana bisa dilakukan dengan cara sehari dalam seminggu tidak mengonsumsi makanan selain serat ( Buah dan Sayur )

Semua ini, untuk kesehatan tubuh kita. Mulailah Hidup sehat dan konsumsilah makanan sehat , Empat Sehat Lima Sempurna. Untuk kualitas hidup yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar