Kamis, 03 Juni 2010

Camilan Serba Singkong

Singkong adalah salah satu makanan sumber karbohidrat. Di kota buah ini jarang ditemukan, akan tetapi di desa singkong mudah ditemukan. Di pedesaan banyak ditemukan kebun singkong. Singkong ini harganya pun, tidak mahal. Singkong dapat dibuat berbagai camilan. Dapat disajikan dalam berbagai bentuk penyajian makanan.

Camilan serba singkong pun mudah didapatkan. Dari mulai singkong rebus, singkong goreng dan kripik singkong. Singkong lebih dikenal dengan nama balok, karena bentuknya seperti balok.

Kebanyakan makanan tradisional yang berasal dari daerah yogyakarta berasal dari singkong. Mulai dari kabupaten kulon progo ada growol, gebleg, lanting, kemudian ke Bantul ada getuk, ke Gunugkidul ada Thiwul Ayu, gaplek, gatot terus sampai magelang ada getuk Lindri. Belum daerah lain selain yogya yang memanfaatkan singkong sebagai bahan makanan tradisional. Selain makanan tradisional, singkong juga bisa dibikin singkong goreng yang terkenal dengan balok, kripik singkong gurih , pedes. Bentuk yang modern istilah Tela-Tela yang dikasih bumbu-bumbu seperti keju, pedes, pedes manis. Ini semua hasil kreativitas seseorang biar tetap survive dalam persaingan pasar bebas .

Singkong harus terus diberdayakan. Apalagi daerah tropis cocok untuk penanaman pohon singkong. Sehingga bisa menambah ekonomi rakyat dan peluang usaha.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar